Logo Bloomberg Technoz

Fakta-fakta Flu Burung pada Manusia: Varian Baru hingga Gejala

News
07 June 2024 13:00

Wabah Flu Burung (Sumber: Bloomberg)
Wabah Flu Burung (Sumber: Bloomberg)

Riley Griffin, Michelle Fay Cortez dan Ilena Peng - Bloomberg News

Bloomberg, Bagi virus influenza, ketidaksempurnaan adalah sebuah kekuatan. Mereka terus bermutasi, menghasilkan jenis virus baru yang menantang sistem kekebalan tubuh yang sebelumnya telah berhasil melawan jenis yang lama. 

Itulah yang membuat flu menjadi ancaman seumur hidup bagi manusia dan spesies hewan - terutama burung - yang rentan terhadapnya.

Sejak 2020, jenis virus flu burung yang sangat patogen bernama H5N1 telah menghancurkan populasi burung liar dan domestik. Sekarang jenis virus yang sama menyebar di antara sapi perah AS, dan juga telah menginfeksi beberapa pekerja peternakan AS yang terpapar sapi yang sakit. Seorang pria di Meksiko baru-baru ini meninggal dunia dengan jenis virus flu burung H5N2, yang belum pernah terlihat pada manusia sebelumnya.

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS (US Centers for Disease Control and Prevention/CDC) dan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengatakan risiko keseluruhan untuk masyarakat umum masih rendah, tetapi pejabat kesehatan masyarakat tetap waspada terhadap indikasi apapun dari hasil yang paling dikhawatirkan: penularan antar manusia yang dapat memicu pandemi.