Logo Bloomberg Technoz

Melihat potensi tingkat keuntungan hingga lebih dari double digit itu, tentu menggoda bagi pemegang emas untuk menguangkan simpanan emasnya. 

Penting untuk diingat, keputusan merealisasikan keuntungan dari sebuah aset akan bergantung pada kebutuhan dan tujuan keuangan tiap orang. Bila saat ini Anda memiliki kebutuhan dana tunai yang cukup besar, misalnya untuk menyiapkan uang masuk sekolah anak jelang dimulainya Tahun Ajaran baru, atau kebutuhan untuk membeli hewan kurban misalnya, menjual simpanan emas di kala harganya sudah naik cukup tinggi mungkin akan menjadi keputusan tepat.

Sebaliknya, bila belum ada kebutuhan dana tunai yang mendesak, Anda juga berhak untuk menyimpannya terus hingga kelak tingkat keuntungannya semakin berlipat ganda.

Pun bagi pemegang dana yang masih berkeyakinan harga emas akan terus melesat ke depan, membeli emas hari ini juga sah-sah saja.

Prospek kenaikan harga emas masih terbuka tahun ini sejurus dengan potensi penurunan bunga acuan Federal Reserve. Rekor harga emas berulang kali sepanjang tahun ini adalah karena sentimen bunga acuan tersebut. Bila bank sentral Amerika jadi memangkas bunga acuan pertama kali sejak serial kenaikan paling agresif sejak 2022 silam, maka harga emas bisa semakin terbang tinggi.

(rui)

No more pages