Logo Bloomberg Technoz

Timnas Indonesia dipastikan akan menjadi runner up jika Timnas Vietnam kalah atau pun imbang melawan Irak. Apa pun hasil pertandingan Indonesia vs Filipina.

Jika kalah, Timnas Vietnam berarti tetap mengoleksi 6 poin pada Grup F. Timnas Garuda akan mengisi slot runner up bahkan ketika kalah melawan Filipina, karena anak asuh pelatih Shin Tae-yong telang mengumpulkan 7 poin.

Jika Timnas Vietnam imbang dan Timnas Garuda kalah; kedua tim akan sama-sama mencatatkan perolehan 7 poin pada Grup F. Akan tetapi, kondisi ini juga akan tetap menempatkan Indonesia pada peringkat kedua karena menang head to head dengan Vietnam. Pada Grup F, Indonesia dua kali mengalahkan Timnas Vietnam.

Akan tetapi, bahaya terjadi jika Timnas Vietnam berhasil menang melawan Timnas Irak. Hal ini membuat The Golden Star Warriors mengumpulkan 9 poin pada Grup F. Mereka akan lolos menjadi runner up, jika Garuda Senior kalah atau pun imbang melawan Filipina.

Persoalan lainnya, Timnas Indonesia akan melakoni laga terakhir melawan Filipina lebih dulu; dibandingkan Timnas Vietnam vs Irak. Satu-satunya cara untuk memastikan tiket ke babak selanjutnya hanya dengan memenangkan laga vs Filipina. 

Sehingga apa pun hasil laga Timnas Singa Mesopotamia vs The Golden Star Warriors, Timnas Garuda Senior sudah dipastikan lolos babak grup Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia.

Toh, Ketua PSSI Erick Thohir menilai laga melawan Filipina tak akan sama dengan sebelumnya. Timnas Filipina diprediksi sudah menjadi lebih kuat dan menjadi ancaman serius bagi Timnas Indonesia. Pada pertandingan sebelumnya, Garuda Senior juga gagal meraih kemenangan setelah imbang dengan skor 1-1, pada 11 November lalu.

"Peluang lolos ke putaran ketiga memang masih ada. Lawan terakhir Filipina nanti tanggal 11 Juni. Mereka tidak seperti dulu dan juga potensi untuk memberi ancaman," kata Erick.

"Saya yakin, Filipina yang sekarang berbeda dengan yang dahulu. Ketua Umum Filipina Football-nya baru, dan menyampaikan ingin seperti Indonesia. Jadi jangan melihat Filipina sebagai tim yang rendah. Jadi kembali harus evaluasi agar kita lolos ke babak berikut dengan meraih kemenangan."

Klasemen Grup F:

1. Irak: 15 poin

2. Indonesia: 7

3. Vietnam: 6

4. Filipina: 1

(red/frg)

No more pages