Logo Bloomberg Technoz

Namun, laporan hari Kamis menunjukkan bahwa biaya tenaga kerja naik lebih lambat dari perkiraan awal karena pekerja menghasilkan output yang lebih sedikit. Kompensasi riil per jam juga diturunkan.

Produktivitas, atau output per jam pekerja nonfarm, hampir tidak naik dalam tiga bulan pertama tahun ini, direvisi sedikit ke bawah menjadi 0,2%. Secara keseluruhan, angka produktivitas kuartalan bersifat fluktuatif. Meskipun demikian, perlambatan yang berkelanjutan akan menjadi rintangan lain bagi upaya The Fed untuk mengatasi inflasi.

Banyak perusahaan yang melakukan upaya untuk meningkatkan efisiensi - termasuk melalui penggunaan kecerdasan buatan - tetapi suku bunga yang tinggi memaksa bisnis lebih selektif dalam hal investasi modal.

Meskipun biaya tenaga kerja per unit diturunkan, lajunya masih menunjukkan peningkatan yang cepat dari stabilisasi yang terlihat pada paruh kedua 2023 ketika negara tersebut mengalami peningkatan produktivitas yang kuat. Tidak jarang biaya tenaga kerja melonjak pada kuartal pertama. Mereka cenderung moderat pada periode-periode berikutnya.

Laporan produktivitas menunjukkan output naik pada kecepatan 0,9% di kuartal pertama, kenaikan terkecil sejak 2022. Kompensasi riil per jam naik hanya 0,4%, dibandingkan dengan yang dilaporkan sebelumnya sebesar 1,1%. Jam kerja naik sekitar setengah dari kecepatan yang dilaporkan semula.

Secara terpisah, pengajuan awal untuk tunjangan pengangguran meningkat sebesar 8.000 menjadi 229.000 dalam minggu terakhir. Data ini rentan terhadap fluktuasi sekitar hari libur dan periode yang mencakup Memorial Day.

Laporan dari Challenger, Gray & Christmas, Inc menunjukkan bahwa niat perekrutan tahun ini hingga Mei turun 50% dari periode yang sama tahun lalu. Sejauh ini di 2024, perusahaan mengumumkan rencana untuk mempekerjakan 50.833 pegawai, jumlah paling sedikit untuk periode tersebut dalam satu dekade.

"Pemutusan hubungan kerja (PHK) tetap datar di bulan Mei karena perusahaan menilai kinerja dan membuat rencana untuk Q3 dan Q4," kata Andrew Challenger, wakil presiden senior perusahaan tersebut. "Sementara itu, pengumuman perekrutan berada di level terendah dalam satu dekade. Perputaran tipikal di pasar tenaga kerja yang sehat tampaknya sedang terhenti."

(bbn)

No more pages