Logo Bloomberg Technoz

Sri Mulyani: Jatuh Tempo Utang Hampir Rp800 T Bukan Masalah

Azura Yumna Ramadani Purnama
06 June 2024 20:20

Sri Mulyani (Dok. World Water Forum)
Sri Mulyani (Dok. World Water Forum)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menjelaskan bahwa uang pemerintah yang akan jatuh tempo pada 2025 sebesar Rp788,64 triliun tidak menjadi masalah.

Sri Mulyani mengatakan tak jadi masalah selama Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN), perekonomian, dan iklim politik Indonesia tidak mengalami guncangan.

Hal itu, ia sampaikan saat memberi penjelasan kepada Komisi XI Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI saat ditanya mengenai utang pemerintah yang jatuh tempo pada 2025 mencapai Rp788,64 triliun. Ia mengatakan para pelaku pasar menjadikan tiga faktor tersebut sebagai landasan untuk menentukan tingkat risiko pada investasi yang dilakukannya pada Surat Berharga Negara (SBN).

Sehingga, lanjut Sri Mulyani, saat utang tersebut memasuki masa jatuh tempo maka surat utang tersebut akan revolving atau berkembang dan para pemegang SBN RI tidak akan melepas surat utang tersebut.

“Karena market beranggapan oh negara ini akan tetap sama, sehingga jatuh temponya seperti 2025, 2026, 2027 yang kelihatannya tinggi itu tidak jadi masalah," ujar Sri Mulyani dalam rapat dengan Komisi XI DPR RI, Kamis (6/6/2024).