Logo Bloomberg Technoz

Boeing Starliner Bawa Manusia ke Luar Angkasa Usai Tertunda

News
06 June 2024 19:40

Boeing Co akhirnya meluncurkan taksi luar angkasa ke orbit. (Dok: Bloomberg)
Boeing Co akhirnya meluncurkan taksi luar angkasa ke orbit. (Dok: Bloomberg)

Loren Grush dan Julie Johnsson - Bloomberg News

Bloomberg, Boeing Co akhirnya meluncurkan taksi luar angkasa ke orbit dengan astronot NASA di dalamnya, dan ditargetkan akan merapat ke Stasiun Luar Angkasa Internasional pada Kamis (6/6/2024).

Penerbangan ini menandai pertama kalinya kapsul Starliner Boeing yang bermasalah membawa manusia ke luar angkasa setelah bertahun-tahun mengalami penundaan dan pembengkakan biaya, dan juga pertama kalinya roket United Launch Alliance menerbangkan misi berawak.

Starliner CST-100 Boeing lepas landas di atas pundak Atlas V milik ULA di Cape Canaveral, Florida, pada pukul 10.52 pagi waktu setempat, dengan sorak-sorai yang membahana di halaman di luar tempat pers NASA ketika roket tersebut meluncur dari landasan peluncuran.   

Kapsul yang membawa astronot veteran NASA, Sunita "Suni" Williams dan Barry "Butch" Wilmore, memisahkan diri dari roket ULA sekitar 15 menit setelah peluncuran. Sekitar setengah jam setelah peluncuran, Starliner menembakkan pendorongnya dan mencapai orbit yang stabil - mencapai tonggak sejarah yang telah lama ditunggu-tunggu untuk program ini.