Logo Bloomberg Technoz

Dia tidak merinci negara mana saja yang dapat dipasok senjata oleh Moskow.

Putin memilih Jerman, yang baru-baru ini mengatakan kepada Ukraina bahwa mereka bebas untuk menyerang target di dalam Rusia dengan senjata jarak jauh buatan Jerman.

"Ketika mereka mengatakan bahwa akan ada lebih banyak rudal yang akan menghantam target di wilayah Rusia, ini jelas menghancurkan hubungan Rusia-Jerman," kata Putin.

Presiden AS Joe Biden telah memberikan izin kepada Ukraina untuk menggunakan senjata yang dipasok oleh Amerika untuk menyerang target-target di Rusia, tetapi hanya di dekat wilayah Kharkiv. Gedung Putih mengatakan bahwa Ukraina tidak dapat menggunakan rudal ATACMS jarak jauh di wilayah Rusia.

Ukraina telah menggunakan senjata AS untuk menyerang di dalam wilayah Rusia dalam beberapa hari terakhir, seorang senator AS dan seorang pejabat Barat mengatakan kepada Associated Press pada Rabu.

Pertempuran sengit telah berkecamuk di timur laut Kharkiv sejak dorongan baru Rusia melintasi perbatasan utara Ukraina. Kharkiv, kota kedua di Ukraina, hanya berjarak 30 km (18 mil) dari perbatasan.

Menteri Luar Negeri Inggris Lord Cameron mengatakan bahwa terserah kepada Ukraina untuk memutuskan bagaimana menggunakan senjata Inggris dan bersikeras bahwa mereka memiliki hak untuk menyerang target di wilayah Rusia.

Ukraina mengatakan bahwa rudal Korea Utara digunakan di dalam wilayah Ukraina, dan badan-badan intelijen Barat mengatakan bahwa Rusia telah menggunakan pesawat tak berawak buatan Iran dalam konflik tersebut.

Rusia melancarkan invasi besar-besaran ke Ukraina pada Februari 2022.

Putin berbicara kepada para jurnalis asing di Forum Ekonomi Internasional St Petersburg.

Ia juga memperingatkan bahwa Barat salah jika berasumsi bahwa Moskow tidak akan pernah menggunakan senjata nuklir.

"Untuk beberapa alasan, Barat percaya bahwa Rusia tidak akan pernah menggunakannya," kata Putin ketika ditanya oleh Reuters mengenai risiko eskalasi nuklir di Ukraina.

"Kami memiliki doktrin nuklir, lihatlah apa yang dikatakannya. Jika tindakan seseorang mengancam kedaulatan dan integritas teritorial kami, kami menganggap mungkin bagi kami untuk menggunakan segala cara yang kami miliki."

"Ini tidak boleh dianggap enteng, dangkal."

Putin juga menepis anggapan bahwa Rusia memiliki rencana untuk menyerang wilayah NATO.

"Anda seharusnya tidak menjadikan Rusia sebagai musuh. Anda hanya melukai diri sendiri dengan hal ini, Anda tahu?" kata Putin.

"Mereka mengira Rusia ingin menyerang NATO. Apakah Anda sudah benar-benar gila? Itu setebal meja ini.
Siapa yang datang dengan ini? Itu hanya omong kosong, Anda tahu? Total sampah."

(red/ros)

No more pages