Logo Bloomberg Technoz

7 Mobil Toyota yang Kena Skandal Uji Keamanan, Avanza Aman

Pramesti Regita Cindy
06 June 2024 14:25

Pekerja melakukan sentuhan akhir pada Toyota Avanza di area finishing pabrik perakitan PT Astra Daihatsu Motor./Bloomberg-Dadang Tri
Pekerja melakukan sentuhan akhir pada Toyota Avanza di area finishing pabrik perakitan PT Astra Daihatsu Motor./Bloomberg-Dadang Tri

Bloomberg Technoz, Jakarta – Toyota Motor Corp kembali disorot setelah Kementerian Transportasi Jepang awal pekan ini membeberkan sederet perusahaan otomotif setempat yang terbukti melakukan pelanggaran data uji keselamatan.

Walhasil, beberapa model mobil yang diproduksi Toyota —termasuk Corolla Fielder, Corolla Axio, dan Yaris Cross — harus ditangguhkan pengiriman dan penjualannya, sebagaimana disampaikan oleh Kementerian Transportasi Jepang awal pekan ini.

Produsen mobil nomor wahid dunia itu terbukti menyerahkan data yang salah terhadap uji keselamatan pejalan kaki untuk ketiga model tersebut. Perusahaan juga dilaporkan menggunakan kendaraan percobaan yang sudah dimodifikasi dalam uji tabrak terhadap 4 model sebelumnya, termasuk Crown.

Imbas dari temuan Kementerian Transportasi Jepang itu, Chairman Toyota Motor Corp Akio Toyoda pun melansir pernyataan permintaan maaf dan mengakui kesalahan yang dilakukan perusahaannya.

“Kami mengabaikan proses sertifikasi dan memproduksi mobil kami secara massal tanpa terlebih dahulu mengambil langkah pencegahan yang tepat,” ungkap Chairman Toyota Akio Toyoda kepada wartawan, dikutip Bloomberg.