Logo Bloomberg Technoz

Saham-saham Properti China Ambles 20% Sejak Mei

News
06 June 2024 15:10

Properti China (Sumber: Bloomberg)
Properti China (Sumber: Bloomberg)

Bloomberg News

Bloomberg, Harga saham properti China berada dalam jalur untuk memasuki technical bear market (tren penurunan harga jangka panjang) karena keraguan masih menyelimuti upaya Beijing untuk menopang sektor tersebut.

Indeks saham perusahan pengembang China dari Bloomberg Intelligence turun hingga 3,2% pada Kamis (06/06/2024), memperpanjang kerugian dari pertengahan Mei menjadi sekitar 20%. Sunac China Holdings Ltd turun hingga 11%, sementara Shimao Group Holdings Ltd anjlok 8,3%.

Saham real estate melemah di tengah skeptisisme terhadap paket dukungan luas yang diluncurkan oleh pemerintah pusat pada 17 Mei. Meskipun investor pada awalnya menyambut baik kebijakan tersebut, yang mencakup persyaratan uang muka yang lebih rendah untuk pembeli rumah, mereka sekarang mempertanyakan seberapa efektif langkah-langkah tersebut dalam menghidupkan kembali permintaan dan mengatasi kelebihan inventaris perumahan.

"Data penjualan terbaru menunjukkan tidak banyak peningkatan dalam fundamental properti," kata Jeff Zhang, analis properti di Morningstar Inc.