Logo Bloomberg Technoz

Putin Ungkap Kapan Rusia Akan Gunakan Senjata Nuklir

Redaksi
06 June 2024 15:00

Vladimir Putin. (dok Bloomberg)
Vladimir Putin. (dok Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Presiden Vladimir Putin, ketika ditanya mengenai risiko perang nuklir di Ukraina, memperingatkan Barat bahwa Rusia dapat menggunakan semua cara yang tersedia untuk mempertahankan diri jika kedaulatan atau integritas teritorialnya terancam.

Melansir Reuters, Kamis (6/6/2024), Putin mengatakan bahwa Barat telah berulang kali menuduh Rusia memiliki senjata nuklir, namun hal itu salah, dan menunjukkan bahwa Amerika Serikat-lah yang telah menggunakan senjata nuklir untuk melawan Jepang pada Perang Dunia Kedua.

Putin, yang berbicara kepada para editor senior kantor berita internasional di St Petersburg, mengatakan bahwa doktrin nuklir Rusia mengizinkan senjata semacam itu untuk digunakan sebagai respons terhadap sejumlah ancaman.

"Untuk beberapa alasan, Barat percaya bahwa Rusia tidak akan pernah menggunakannya," kata Putin.

"Kami memiliki doktrin nuklir, lihatlah apa yang dikatakannya. Jika tindakan seseorang mengancam kedaulatan dan integritas teritorial kami, kami menganggap mungkin bagi kami untuk menggunakan segala cara yang kami miliki. Ini tidak boleh dianggap enteng, dangkal."