Logo Bloomberg Technoz

Korsel Kecam Provokasi Korut, termasuk Balon Sampah

News
06 June 2024 14:20

Presiden Korea Selatan Yoon Suk Yeol (Sumber: Bloomberg)
Presiden Korea Selatan Yoon Suk Yeol (Sumber: Bloomberg)

Sohee Kim - Bloomberg News

Bloomberg, Presiden Korea Selatan (korsel) Yoon Suk Yeol mengatakan Korea Utara (Korut) seharusnya merasa malu setelah mengirimkan balon yang membawa sampah melintasi perbatasan, seiring dengan peningkatan tekanan terhadap rezim Kim Jong Un.

"Korea Utara baru-baru ini melakukan provokasi dengan cara yang tercela yang akan membuat negara normal manapun merasa malu," kata Yoon pada Kamis pada upacara Hari Peringatan di Pemakaman Militer Nasional Seoul. Dia juga mengkritik peluncuran rudal dan latihan artileri yang dilakukan tetangganya baru-baru ini.

"Pemerintah kami tidak akan pernah mentolerir provokasi apa pun dari Korea Utara," katanya, dan menambahkan bahwa Korea Selatan akan bekerja sama dengan sekutunya, Amerika Serikat, untuk melindungi negara itu dengan lebih baik.

Sehari sebelumnya, AS dan Korea Selatan melakukan latihan pengeboman bersama dengan menggunakan jenis amunisi presisi untuk pertama kalinya dalam waktu sekitar tujuh tahun, dalam sebuah unjuk kekuatan setelah Seoul membatalkan kesepakatan tahun 2018 minggu ini dengan Korea Utara untuk mengurangi ketegangan di perbatasan.