Logo Bloomberg Technoz

IDF mengatakan mereka telah mengambil langkah sebelum serangan udara untuk "mengurangi risiko melukai warga sipil yang tidak terlibat".

Sebelumnya, militer Israel mengatakan telah mengambil "kendali operasional" atas wilayah timur kamp pengungsi Bureij dan kota Deir al-Balah di Gaza tengah, karena puluhan warga Palestina dilaporkan tewas. Pada Rabu pagi, IDF mengatakan pasukan yang didukung oleh serangan udara telah memulai operasi melawan "teroris dan infrastruktur teroris di atas dan di bawah tanah". 

Penduduk melaporkan pemboman intens, dan lembaga amal Médecins Sans Frontières (MSF) mengatakan setidaknya 70 orang tewas - sebagian besar wanita dan anak-anak - telah dibawa ke rumah sakit setempat sejak Selasa.

MSF mengatakan tim medis mereka di lapangan menggambarkan situasi di rumah sakit al-Aqsa di Deir al-Balah - salah satu dari sedikit fasilitas kesehatan yang masih berfungsi di Gaza tengah - sebagai "apokaliptik". Lembaga amal tersebut mengatakan wanita dan anak-anak merupakan mayoritas dari 70 orang tewas dan 300 terluka yang dibawa ke rumah sakit selama 24 jam terakhir, dan bahwa banyak pasien menderita luka bakar parah, luka pecahan peluru, patah tulang dan cedera traumatis lainnya.

(del)

No more pages