Logo Bloomberg Technoz

Terseret Sengkarut Otomotif Jepang, Mazda 2 di RI Dipastikan Aman

Pramesti Regita Cindy
06 June 2024 13:10

Pabrik perakitan mobil Mazda di Vladivostok, Russia./Bloomberg-Andrey Rudakov
Pabrik perakitan mobil Mazda di Vladivostok, Russia./Bloomberg-Andrey Rudakov

Bloomberg Technoz, Jakarta Mazda Indonesia memastikan kendaraan yang dipasarkannya di dalam negeri tidak terdampak laporan Kementerian Transportasi Jepang terkait dengan sejumlah ketidaksesuaian data uji keselamatan terhadap sederet model mobil yang dipasarkan di Negeri Sakura. 

Chief Operating Officer PT Eurokars Motor Indonesia —Agen Pemegang Merek (APM) Mazda di Indonesia — Ricky Thio mengatakan Mazda Indonesia telah menerima laporan dari Mazda Motor Corporation Japan terkait dengan persoalan tersebut.

“[Kami] mengonfirmasi telah menerima laporan terbaru mengenai ketidaksesuaian dalam pemrosesan kendaraan uji pada uji tabrak dan pengujian sertifikasi output mesin bensin di Jepang, yang melibatkan beberapa produsen otomotif, termasuk Mazda,”  ujarnya melalui pernyataan resmi, Kamis (6/6/2024).

Seorang karyawan membersihkan lantai di samping kendaraan All New Mazda 2 Mazda Motor Corp./Bloomberg-Dimas Ardian

Terkait dengan hal itu, Mazda Jepang pun telah menjamin bahwa tidak ada masalah keamanan bagi pelanggan untuk terus mengemudikan model kendaraan yang terkena dampak.

“Model yang disebutkan dalam hal uji tabrak maupun pengujian sertifikasi untuk output mesin bensin atau emisi kendaraan tidak terkait dengan keselamatan kendaraan, sehingga pelanggan dapat terus mengemudikannya dengan aman,” tegasnya.