Logo Bloomberg Technoz

Modi belum pernah berbagi kekuasaan sejak menjabat pada tahun 2014, dan sekarang ia mungkin perlu memberikan konsesi kepada mitra aliansi, seperti menawarkan posisi penting di kabinet, untuk mempertahankan dukungan mereka. Pemerintahan koalisi lemah yang dipimpin Modi akan mempersulitnya untuk mendorong reformasi ekonomi yang kuat.

Gambaran peta pencoblosan di India. (Sumber: Bloomberg)

Belum jelas tuntutan apa yang diajukan oleh kedua pemimpin tersebut pada Rabu, dan apa yang disetujui BJP untuk mendapatkan dukungan mereka. Misalnya, banyak mitra aliansi BJP tidak memiliki pandangan nasionalis Hindu yang menjadi inti agenda BJP.

"Investor harus melihat melalui ketidakpastian jangka pendek dan mempertimbangkan konsekuensi jangka panjang yang menguntungkan dari hasil pemilu India yang mengejutkan," tulis Jean Chia, kepala investasi global di Bank of Singapore, dalam sebuah catatan. Meskipun bersikap netral terhadap India dalam alokasi Asia, "kami mendukung sektor-sektor domestik dan industri yang dapat memperoleh manfaat dari Manifesto BJP 2024, yang mencakup pariwisata, pertanian, perumahan," katanya.

Indeks Nifty 50 India naik 4,1% year-to-date hingga Rabu, dibandingkan dengan kenaikan 5,4% untuk indeks MSCI Asia-Pasifik.

Meskipun ada kenaikan saham pada Rabu, arus kelembagaan menawarkan sedikit kehati-hatian untuk saat ini. Investor asing menjual saham India senilai 56,56 miliar rupee pada Rabu, sementara investor institusi domestik membeli saham senilai 45,55 miliar rupee, menurut data sementara dari NSE.

(bbn)

No more pages