Logo Bloomberg Technoz

Modi Bentuk Koalisi Baru, Saham India Menguat

News
06 June 2024 12:50

Perdana Menteri India Narendra Modi. (Dok: Bloomberg)
Perdana Menteri India Narendra Modi. (Dok: Bloomberg)

Abhishek Vishnoi - Bloomberg News

Bloomberg, Indeks kontrak berjangka saham India naik 1% setelah Perdana Menteri India Narendra Modi mendapatkan dukungan krusial dari dua sekutu dalam koalisinya, untuk membentuk pemerintahan dan mengamankan masa jabatan periode ketiga.

Kontrak bulan Juni pada indeks acuan NSE Nifty 50 naik hingga 1% pada Kamis (06/06/2024), mengindikasikan bahwa saham-saham India mungkin akan berbalik setelah tekoreksi karena sentimen pemilihan umum (pemilu). Nilai indeks masih kurang dari 3% dari pencapaian itu setelah rebound pada Rabu.  Kontrak berjangka mata uang rupee tetap stabil.

Setelah kehilangan mayoritas dalam pemilihan parlemen, Partai Bharatiya Janata (BJP) yang dipimpin Modi terpaksa melakukan pembicaraan koalisi. 

Para pemimpin Aliansi Demokratik Nasional (National Democratic Alliance/NDA) yang dipimpin BJP, termasuk Nitish Kumar dari Janata Dal (United) dan N. Chandrababu Naidu dari Partai Telugu Desam, sepakat untuk mendukung Modi setelah mencapai kesepakatan di New Delhi pada Rabu (05/06/2024).