Logo Bloomberg Technoz

Bantah Terima Uang, Putri SYL Siap Dikonfrontir Saksi Kementan

Muhammad Fikri
06 June 2024 10:20

Dugaan Korupsi SYL; Duit Kementan untuk Gaji ART hingga Sewa Jet (Bloomberg Technoz/Arie Pratama)
Dugaan Korupsi SYL; Duit Kementan untuk Gaji ART hingga Sewa Jet (Bloomberg Technoz/Arie Pratama)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Putri eks Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL), Indira Chunda Thita mengatakan siap untuk memberikan kesaksian silang atau dikonfrontir dengan para saksi lain dalam kasus dugaan pemerasan dan penerimaan gratifikasi di Kementerian Pertanian periode 2020-2023. 

Dalam sejumlah sidang sebelumnya, para pejabat eselon dan mantan ajudan Kementan sebenarnya sudah membeberkan banyak uang dari lembaga tersebut yang mengalir ke SYL dan keluarganya, termasuk Thita. Akan tetapi anggota Komisi VII DPR tersebut membantah semua tuduhan tersebut.

"Tidak pernah," kata Thita soal tuduhan menerima uang dari Kementan saat bersaksi di PN Tipikor Jakarta, Rabu (5/6/2024).

Dia membantah seluruh daftar aliran dana yang dibacakan majelis hakim berdasarkan temuan jaksa penuntut umum Komisi Pemberantasan Korupsi (JPU KPK). Beberapa di antaranya seperti biaya perawatan kecantikan stem cell senilai Rp200 juta, pembayaran tiket penerbangan, hingga pembelian bakso senilai Rp1,8 juta.

Thita mengklaim tak mengenal sejumlah nama yang dibacakan hakim sebagai pejabat Kementan yang mengirimkan uang. Dia pun membantah pernah meminta uang, meminta fasilitas, atau pun mengganti biaya (reimburse) kepada pejabat Kementan.