Logo Bloomberg Technoz

Apa itu H5N2 Jenis Virus Flu Burung Baru yang Tewaskan 1 Orang

Septiana Ledysia
06 June 2024 10:30

Wabah Flu Burung (Sumber: Bloomberg)
Wabah Flu Burung (Sumber: Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Satu orang meninggal dunia setelah dirawat di RS di Meksiko City karena terinfeksi jenis flu burung baru yaitu H5N2. 

Ini adalah kasus pertama yang dikonfirmasi di laboratorium tentang manusia yang terinfeksi sejenis flu burung yang dikenal sebagai H5N2, kata WHO dalam sebuah pernyataan, menimbulkan pertanyaan tentang jenis virus yang sebagian besar tidak terdeteksi. Wabah flu burung yang sedang terjadi pada sapi perah AS disebabkan oleh jenis virus yang berbeda - H5N1.

Pasien yang tinggal di Meksiko bagian tengah ini tidak memiliki riwayat kontak dengan unggas atau hewan lain, dan memiliki kondisi medis bawaan. Pemerintah Meksiko belum mengetahui di mana pasien terpapar virus, meskipun jenis virus flu burung tersebut telah dilaporkan pada unggas di negara bagian tempat tinggal pasien.

Menurut WHO, risiko yang ditimbulkan oleh H5N2 terhadap masyarakat umum saat ini rendah. WHO juga menyatakan tidak ada kasus tambahan yang dilaporkan setelah penyelidikan. 

Katrine Wallace, ahli epidemiologi di Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Illinois Chicago, mengatakan bahwa H5N2 memiliki risiko rendah terhadap kesehatan masyarakat karena belum menunjukkan kemampuan untuk menular antar manusia.