Logo Bloomberg Technoz

Kestan menggambarkan gaya hidup Hunter yang penuh dengan narkoba selama 2018, termasuk saat mereka menginap di hotel mewah Chateau Marmont di West Hollywood selama sebulan. Situs web hotel tersebut menyebutkan bahwa kamar termahal saat ini dibanderol dengan harga US$885 per malam, yang berarti US$26.550 untuk sebulan.

Kestan mengatakan Biden sering mengisap ganja setiap 20 menit selama 2018. Jaksa penuntut menunjukkan foto-foto dia dengan alat isap ganja, termasuk satu foto di bak mandi sabun.

“Apakah perilaku yang Anda lihat konsisten dengan pemahaman Anda tentang seorang pecandu?” tanya jaksa penuntut Leo Wise. Kestan menjawab ya.

Namun, Kestan mengakui bahwa dia tidak melihat Biden menggunakan narkoba di bulan ketika dia membeli senjata, karena mereka sedang bertengkar saat itu. Jaksa penuntut menuduh Biden berbohong pada formulir yang dia isi untuk mendapatkan senjata, dengan mengatakan dia bukan pengguna, atau pecandu obat-obatan terlarang.

Lowell mengajukan argumen tandingan bahwa Biden sedang kambuh terkait dengan kecanduan alkoholnya pada saat dia membeli senjata, yang tidak ilegal.

Pembela Biden juga tampaknya bergantung pada pembacaan teknis undang-undang senjata api dan formulir yang dia isi untuk membeli senjata ketika Biden menjawab "tidak" untuk pertanyaan tentang apakah dia adalah pengguna aktif dari zat terlarang yang melanggar hukum. Lowell mengatakan undang-undang tersebut melarang seseorang yang "sedang" menggunakan narkoba untuk membeli senjata, dan formulir tersebut menanyakan pemohon apakah mereka "adalah" pengguna narkoba.

Pria yang menjual senjata kepada Biden bersaksi bahwa dia melihat Biden mencentang "tidak" pada pertanyaan di formulir. Penjual akan melanjutkan kesaksiannya besok, dan jaksa penuntut memberi tahu hakim bahwa mereka mungkin akan menyelesaikan dakwaan mereka pada Kamis (07/06/2024).

Lowell juga membuat agen FBI tersebut mengatakan bahwa dia tidak tahu untuk apa Biden menghabiskan uang tunai dalam jumlah besar pada minggu-minggu sebelum dan sesudah dia membeli senjata. Lowell mengindikasikan bahwa uang tunai itu bisa digunakan untuk membayar pengobatan agar dirinya tidak menggunakan narkoba atau untuk tunjangan atau keperluan lainnya.

Mantan istri Biden sempat hadir di persidangan. Buhle mengatakan dia menemukan obat-obatan dan paraphernalia di mobil Biden antara tahun 2015 hingga 2019. Namun, pada pemeriksaan silang dia mengakui bahwa dia tidak ingat tanggal pastinya atau apakah itu termasuk Oktober 2018. Dia mengatakan dia tidak pernah melihat Hunter menggunakan narkoba.

Sidang pidana ini adalah yang pertama dari dua persidangan yang dilakukan Hunter Biden. Sidang lainnya terkait tuduhan biaya pajak dijadwalkan pada September di Los Angeles.

Joe Biden dan putranya, Hunter Biden (Sumber: Bloomberg)

Rujukan Kriminal

Tiga ketua komite DPR dari Partai Republik mengajukan rujukan kriminal ke Departemen Kehakiman AS yang merekomendasikan agar Hunter Biden dan James Biden, saudara laki-laki presiden, didakwa dengan tuduhan membuat pernyataan palsu kepada Kongres.

Ketua Komite Kehakiman Jim Jordan, Ketua Komite Cara dan Sarana Jason Smith, dan Ketua Komite Pengawasan dan Akuntabilitas James Comer, dalam surat rujukan mereka kepada Jaksa Agung Merrick Garland dan Penasihat Khusus David Weiss, menegaskan bahwa komite mereka terus menyelidiki apakah ada dasar untuk menyusun dakwaan pemakzulan terhadap presiden.

Mereka mengklaim "pernyataan palsu yang material" oleh Hunter dan James Biden tampaknya merupakan "upaya sadar dan terencana" untuk melindungi presiden dari penyelidikan lebih lanjut terkait pengetahuan langsung dan perannya dalam dugaan skema nepotisme keluarga.

(bbn)

No more pages