Logo Bloomberg Technoz

DeSantis mencabut status pemerintahan sendiri Disney pada tahun 2022 setelah perusahaan tersebut berbicara menentang kebijakannya untuk membatasi pengajaran di sekolah tentang orientasi seksual dan identitas gender. Gubernur menunjuk dewan dari orang-orang pilihannya sendiri untuk mengawasi pemerintah lokal dan Disney menggugat.

Tahun lalu, sementara perselisihan dengan DeSantis sedang berlangsung, CEO Disney Bob Iger secara terbuka membanggakan potensi investasi sebesar US$17 miliar di Florida selama satu dekade. 

Meskipun kesepakatan saat ini dengan distrik tersebut menyerukan "investasi modal awal sebesar US$8 miliar dalam 10 tahun pertama," seorang juru bicara Disney mengatakan perusahaan tetap pada janji US$17 miliar-nya.

Situasi dalam rapat dewan tersebut bersifat damai dan bersahabat.

“Kami menuju ke arah hari yang baru,” kata wakil ketua dewan, Charbel Barakat, mengenai hubungan antara distrik dan Disney. 

“Saya hanya berharap kita bisa sampai di sini lebih cepat, tetapi saya senang kita ada di sini hari ini.”

Taman, resor, dan kapal pesiar Disney adalah kontributor keuntungan terbesar perusahaan, menambahkan US$5,39 miliar dalam pendapatan pada paruh pertama tahun fiskal perusahaan saat ini.

Disney mengatakan ekspansi di Florida adalah bagian dari rencana US$60 miliar selama 10 tahun untuk taman dan resor Disney yang juga mencakup sekitar US$2 miliar untuk Disneyland di California Selatan. Pengeluaran untuk perbaikan teknologi di properti tersebut dapat mencapai 30% dari total.

Disney memiliki empat taman besar di Florida Tengah, meskipun perjanjian dengan dewan yang ditunjuk DeSantis memungkinkan adanya taman kelima. 

Perjanjian tersebut juga memungkinkan Disney untuk menambah dua "taman kecil" lainnya, 13.000 kamar hotel lagi, dan lebih dari 200.000 kaki persegi ruang kantor. Kesepakatan tersebut mengharuskan perusahaan untuk mengeluarkan $10 juta dalam satu dekade untuk proyek perumahan yang “terjangkau.”

(bbn)

No more pages