Logo Bloomberg Technoz

Aramco Pangkas Harga Minyak ke Asia Mulai Juli

News
06 June 2024 07:10

Saudi Aramco. (Dok: Bloomberg)
Saudi Aramco. (Dok: Bloomberg)

Alex Longley, Lucia Kassai dan Anthony Di Paola - Bloomberg News

Bloomberg, Saudi Aramco menurunkan harga untuk semua minyaknya yang dipasok ke Asia bulan depan. Ini adalah penurunan pertama sejak Februari, di tengah kekhawatiran atas kekuatan permintaan di pasar terbesar mereka.

Pemotongan harga ini terjadi beberapa hari setelah anggota OPEC+ termasuk Arab Saudi, sepakat untuk secara bertahap mengurangi pengurangan produksi sukarela mulai Oktober. Harga minyak mentah patokan merosot setelah keputusan tersebut, menambah kekhawatiran atas melemahnya pertumbuhan permintaan.

Menurut lembar harga yang dilihat oleh Bloomberg, Aramco akan menurunkan harga minyak mentah unggulan Arab Light sebesar 50 sen menjadi US$2,40 per barel di atas harga acuan regional. Sebelumnya, berdasarkan survei, diperkirakan perusahaan akan menurunkan harga jual resmi sebesar 40 sen.

Keputusan OPEC+ tersebut bertepatan dengan tawaran pemerintah Saudi untuk menjual sekitar US$12 miliar saham Aramco. Perusahaan ini sedang menjalankan penawaran tersebut minggu ini, menawarkan kepada investor dan menerima pesanan untuk saham tersebut. Hal ini dilakukan karena pemerintah berupaya mengumpulkan uang untuk mendukung program pengeluaran ambisius yang bertujuan untuk mendiversifikasi perekonomian.