Logo Bloomberg Technoz

Sektor Teknologi Pimpin Reli Wall Street, S&P 500 Cetak Rekor

News
06 June 2024 06:00

Wall Street (Dok: Bloomberg)
Wall Street (Dok: Bloomberg)

Rita Nazareth - Bloomberg News

Bloomberg, Perusahaan teknologi terbesar dunia, Nvidia Corp, mendorong harga saham ke level tertinggi sepanjang masa. Sementara imbal hasil obligasi turun karena para trader hampir sepenuhnya memperkirakan bank sentral AS atau Federal Reserve (The Fed) akan melakukan dua penurunan suku bunga pada 2024.

S&P 500 mencapai rekor ke-25 tahun ini, sementara Nasdaq 100 yang sarat teknologi naik 2%. Nvidia Corp - anak emas dari kegilaan kecerdasan buatan - memimpin reli dalam megacaps "Magnificent Seven" dengan nilai perusahaan mencapai US$3 triliun. Apple Inc naik selama delapan hari berturut-turut - rekor kemenangan terpanjang sejak Maret 2022. Hewlett Packard Enterprise Co melonjak karena penjualan server AI yang kuat.

"Revolusi AI akan mendorong pertumbuhan lebih lanjut," kata Solita Marcelli di UBS Global Wealth Management. "Selain alokasi strategis ke sektor teknologi, kami melihat peluang tertentu di saham-saham berkapitalisasi kecil yang didukung oleh dimulainya siklus pelonggaran The Fed."

Hanya 48 jam menjelang laporan ketenagakerjaan AS, sektor swasta menunjukkan perekrutan di perusahaan tumbuh paling lambat sejak awal tahun. Sementara itu, sektor jasa mengalami ekspansi terbesar dalam sembilan bulan, didukung oleh kenaikan bulanan terbesar dalam ukuran aktivitas bisnis sejak 2021.