Logo Bloomberg Technoz

Biden Bantah Netanyahu Sengaja Perpanjang Perang Demi Politik

News
06 June 2024 05:20

Joe Biden dan Benjamin Netanyahu (Dok: Bloomberg)
Joe Biden dan Benjamin Netanyahu (Dok: Bloomberg)

Josh Wingrove dan Hadriana Lowenkron - Bloomberg News

Bloomberg, Presiden Joe Biden berusaha menarik kembali pernyataannya bahwa Benjamin Netanyahu mungkin memperpanjang perang di Gaza karena pertimbangan politiknya sendiri, dengan mengatakan bahwa ia tidak berpikir bahwa pemimpin Israel itu melakukannya.

"Saya rasa tidak. Dia sedang berusaha menyelesaikan masalah serius yang dihadapinya," kata Biden kepada para wartawan pada Selasa ketika ditanya apakah perdana menteri sedang bermain politik dengan perang.

Biden, dalam sebuah wawancara yang diterbitkan pada Selasa sebelumnya, mengisyaratkan bahwa Netanyahu mungkin memperpanjang konflik untuk mempertahankan kekuasaannya dan mengatakan bahwa "tidak pasti" apakah Israel telah melakukan kejahatan perang.

Ditanya oleh Majalah Time apakah pertimbangan politik Netanyahu mendorong terjadinya perang, Biden mengatakan "ada banyak alasan bagi orang untuk menarik kesimpulan itu," mengutip "pukulan balik" dalam negeri yang diterima perdana menteri menjelang konflik Israel-Hamas dengan mendorong perubahan konstitusi Israel, langkah yang menurut para kritikus akan melemahkan demokrasi di negara itu.