Logo Bloomberg Technoz

Undang-undang tersebut membuka tab baru yang akan menjatuhkan sanksi kepada orang-orang yang terlibat dalam penuntutan ICC terhadap orang Amerika atau warga negara sekutu AS yang bukan anggota ICC, termasuk Israel.

Undang-undang ini juga akan memblokir masuknya pejabat ICC tersebut ke Amerika Serikat, mencabut visa AS, dan melarang mereka melakukan transaksi properti di AS.

Jaksa penuntut ICC Karim Khan mengatakan bulan lalu--setelah lebih dari tujuh bulan perang di Gaza--bahwa ia memiliki alasan yang masuk akal untuk meyakini bahwa Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu, kepala pertahanan Netanyahu, dan tiga pemimpin Hamas "memikul tanggung jawab kriminal" atas dugaan kejahatan perang dan kejahatan terhadap kemanusiaan.

Netanyahu mengatakan bahwa keputusan jaksa penuntut ICC tidak masuk akal dan bahwa langkah tersebut dimaksudkan untuk menargetkan seluruh Israel.

Israel melancarkan serangan udara dan darat di Gaza Oktober lalu, bersumpah untuk menghancurkan Hamas setelah para militan menyerang Israel selatan pada 7 Oktober, menewaskan sekitar 1.200 orang dan menyandera lebih dari 250 orang, menurut perhitungan Israel. Sekitar 120 sandera masih berada di Gaza.

Kampanye militer Israel telah menewaskan lebih dari 36.000 orang di Gaza yang padat penduduknya, menurut otoritas kesehatannya, yang mengatakan bahwa ribuan mayat lainnya terkubur di bawah reruntuhan.

(red/ros)

No more pages