Logo Bloomberg Technoz

Sri Mulyani: Jumlah Turis Asing Belum Sebanyak Sebelum Pandemi

Azura Yumna Ramadani Purnama
05 June 2024 14:16

Turis asing berfoto di kawasan Kintamani, Bali, Rabu (3/4/2023). (Bloomberg Technoz/ Andrean Kristianto)
Turis asing berfoto di kawasan Kintamani, Bali, Rabu (3/4/2023). (Bloomberg Technoz/ Andrean Kristianto)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan sektor pariwisata masih belum pulih setelah pandemi Covid-19 berakhir. Hal ini tercermin dari jumlah kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) atau turis asing yang belum mencapai angka yang sama seperti sebelum masa pandemi.

Sri Mulyani menjelaskan rata-rata kunjungan wisman pada masa sebelum pandemi berada di angka 1,2 juta - 1,3 juta kunjungan setiap bulan. Sementara itu, saat ini jumlah rata-rata kunjungan wisman masih sekitar 900 ribu - 1 juta kunjungan per bulan.

“Saya pikir Anda melihat jumlah wisatawan yang datang ke Indonesia meskipun ini menunjukkan tren yang semakin meningkat, mereka belum kembali ke tingkat pra-pandemi,” kata Sri Mulyani dalam Forum Investasi Pariwisata Internasional 2024 di kawasan PIK, Rabu (5/6/2024).

Berdasarkan kewarganegaraannya, hanya wisman yang berasal dari Belanda, Australia, dan Rusia yang telah kembali kepada besaran pra-pandemi, masing-masing tumbuh 112,1%, 102,7%, dan 103,7% jika dibandingkan besaran kunjungan pada masa sebelum pandemi.

Selanjutnya, wisman yang berasal dari China dan ASEAN masih mencatatkan besaran dibawah level sebelum pandemi.