Logo Bloomberg Technoz

BOE mengatakan bahwa uang kertas yang menampilkan wajah Charles akan diterbitkan "sangat perlahan." Threadneedle Street tidak mengungkapkan berapa banyak uang kertas yang akan diterbitkan dalam cetakan awalnya.

Seri uang kertas polimer saat ini mulai beredar pada 2016 dan dibuat untuk memiliki masa pakai yang lama. BOE memperkirakan uang kertas polimer £5 dan £10 dapat bertahan setidaknya lima tahun, sementara masa pakai rata-rata uang kertas £20 bisa lebih dari 20 tahun karena cara penggunaannya oleh masyarakat.

Mengingat peredaran uang yang dilakukan secara bertahap, BOE menawarkan layanan sementara kepada masyarakat di mana mereka dapat menukar uang kertas lama.

Warga Inggris dapat mengirim hingga £300 melalui pos dan menerima uang kertas baru Charles. Layanan ini akan ditawarkan hanya sampai 30 Juni. Alternatifnya, mereka dapat menukar hingga £300 uang kertas di counter BOE di Threadneedle Street di London hingga 11 Juni. Namun, bank sentral memperingatkan bahwa kemungkinan akan ada waktu tunggu yang lama.

Uang kertas tersebut juga akan tersedia di beberapa cabang Kantor Pos tertentu sebelum diperkenalkan ke cabang lain dalam beberapa minggu mendatang.

BOE mengatakan bahwa lelang amal uang kertas dengan nomor seri rendah akan diadakan selama musim panas.

Sisi sebalik dari uang kertas polimer — yang menampilkan mantan Perdana Menteri Winston Churchill, penulis Jane Austen, pelukis JMW Turner, dan pemecah kode Perang Dunia II Alan Turing — tidak akan berubah.

Gubernur BOE Andrew Bailey mengatakan ini adalah "momen bersejarah, karena ini adalah pertama kalinya kami mengubah penguasa pada uang kertas kami." Ratu Elizabeth II adalah ratu pertama yang digambarkan pada uang kertas BOE pada 1960.

Sirkulasi uang kertas di Inggris. (Sumber: Bloomberg)

“Kami tahu bahwa uang tunai penting bagi banyak orang, dan kami berkomitmen untuk menyediakan uang kertas selama masih dibutuhkan oleh masyarakat,” tambah Bailey.

Meskipun uang tunai digantikan dalam transaksi sehari-hari oleh pembayaran online dan kartu, sekitar 4,6 miliar uang kertas BOE senilai £82 miliar masih beredar. Volume uang kertas yang beredar stabil dan bahkan sedikit menurun dalam beberapa tahun terakhir.

Data UK Finance menemukan bahwa setengah dari semua pembayaran di Inggris untuk pertama kalinya dilakukan menggunakan kartu kredit pada 2022. Proporsi pembayaran tunai turun menjadi 14%.

BOE telah berkomitmen untuk terus menyediakan uang tunai selama masih digunakan masyarakat, setelah memulai mengerjakan desain "pound digital." Pekerjaan pada mata uang digital bank sentral telah menimbulkan kekhawatiran bahwa uang tunai akan segera dihapuskan. BOE dan Departemen Keuangan Inggris percaya bahwa mata uang digital dari bank sentral kemungkinan akan diperlukan, tetapi belum mengambil keputusan akhir.

Charles menjadi Raja pada September 2022 setelah kematian ibunya, yang merupakan ratu terlama dalam sejarah Inggris. Ia dinobatkan pada Mei 2023.

(bbn)

No more pages