Logo Bloomberg Technoz

Jokowi Yakin Kualitas Udara di IKN Akan Lebih Baik dari Jakarta

Pramesti Regita Cindy
05 June 2024 14:10

Helipad untuk perusahaan penebangan kayu di Ibu Kota Nusantara (IKN) di Penajam Paser Utara, Rabu (8/3/2023). (Rony Zakaria/Bloomberg)
Helipad untuk perusahaan penebangan kayu di Ibu Kota Nusantara (IKN) di Penajam Paser Utara, Rabu (8/3/2023). (Rony Zakaria/Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta Presiden Joko Widodo membandingkan kualitas udara di Jakarta dengan Ibu Kota  Negara (IKN) Nusantara, yang diyakininya memenuhi standar kualitas udara di dunia.

"Pagi-pagi tadi saya buka indeks kualitas udara Jakarta, berapa angkanya? 176. [..] Lalu berapa di Nusantara? Belum ada [pengukuran], tetapi saya yakini di bawah 30. Feeling aja," kata Jokowi ketika groundbreking tahap ke-6 di IKN, dikutip dari YouTube Sekretariat Presiden, Rabu (5/6/2024).

Adapun, tolok ukur Jokowi menyebut kualitas udara IKN lebih baik dari Jakarta lantaran kualitas udara di wilayah Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Rabu pagi mencapai 34.Standar kualitas udara yang baik berada di kisaran 0—50.

"Saya cek lagi di Penajam Paser Utara, 34. Jadi di sini [IKN] mestinya kurang," jelasnya.

Tak hanya itu, kata Jokowi, kualitas udara di IKN akan lebih berkualitas didukung dengan konsep kota hijau yang mana penggunanan energi kendaraannya pun diatur agar ramah lingkungan.