Logo Bloomberg Technoz

Bakal Sulit

Meski ada kemungkinan pangsa pasar Toyota di Indonesia perlahan-lahan bisa diambil alih oleh merek lain, Yannes menilai pergeseran tersebut juga bukanlah hal yang mudah.

"Kemungkinan pangsa pasar Toyota di Indonesia diambil alih oleh merek lain akibat menurunnya kepercayaan konsumen memang ada, meskipun tidak mudah; mengingat Toyota sudah memiliki posisi yang kuat dan jaringan yang luas di pasar otomotif Indonesia," tegasnya.

Pemerintahan Jepang sendiri saat ini telah menangguhkan pengiriman–penjualan 6 kendaraan yang saat ini beredar di jalan, termasuk tiga kendaraan yang diproduksi oleh Toyota Motor Corp.

Toyota termasuk di antara lima produsen mobil — termasuk Honda dan Mazda — yang ditemukan memalsukan atau memanipulasi data keselamatan dalam hal mengajukan permohonan sertifikasi. Temuan ini menandakan krisis kepercayaan yang semakin mendalam bagi para produsen mobil Jepang.

"Semua ini tergantung bagaimana Toyota menangani berita-berita ini dengan baik kepada media resmi maupun independen yang follower-nya besar tersebut. Intinya, strategi media," terang  Yannes.

(prc/wdh)

No more pages