Logo Bloomberg Technoz

Imbas Skandal di Jepang, Hegemoni Toyota RI Mulai Rawan Tumbang

Pramesti Regita Cindy
05 June 2024 13:00

Toyota. (Dok: Bloomberg)
Toyota. (Dok: Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Akademisi sekaligus pengamat otomotif Institut Teknologi Bandung (ITB) Yannes Martinus Pasaribu berpandangan merek mobil China dan Korea Selatan memiliki peluang besar untuk mengambil alih pangsa pasar mobil di Indonesia yang selama ini dikuasai oleh grup Toyota Astra.

Hal tersebut bisa saja terjadi bilamana mobil-mobil merek Jepang ini tidak segera berbenah diri usai tersandung kasus manipulasi uji sertifikasi keselamatan di negara asalnya.

"Jika masalah seperti ini muncul lagi dan tidak ada tanda-tanda perbaikan mutu, di antaranya adalah merek Korea [Selatan] dan China yang siap-siap mengambil alih pangsa pasar yang dikuasai grup TAM [Toyota Astra Motor]," kata Yannes saat dihubungi, Rabu (6/5/2024).

"Misalnya adalah Hyundai, KIA, Wuling, DFSK, dan MG. Belum lagi akan masuknya beberapa merek EV [electric vehicle] yang makin murah lagi nanti," tambahnya. 

Mobil listrik KIA EV9 dipamerkan dalam ajang GIIAS di ICE BSD City, Kamis (10/8/2023). (Bloomberg Tehcnoz/ Andrean Kristianto

Di Indonesia sendiri, Toyota menjadi salah satu merek mobil yang sudah hadir selama bertahun-tahun, dengan pangsa pasar di atas 30% atau yang terbesar dari total penjualan mobil di Tanah Air.