Logo Bloomberg Technoz

Prabowo Berencana Bentuk Badan Khusus Atasi Krisis Air Bersih

News
05 June 2024 12:00

Prabowo Subianto, presiden terpilih Indonesia, berbicara pada Dialog IISS Shangri-La di Singapura, pada Sabtu (1/6/2024)./Bloomberg-Ore Huiying
Prabowo Subianto, presiden terpilih Indonesia, berbicara pada Dialog IISS Shangri-La di Singapura, pada Sabtu (1/6/2024)./Bloomberg-Ore Huiying

Faris Mokhtar - Bloomberg News

Bloomberg, Presiden terpilih, Prabowo Subianto, berencana membentuk badan pemerintahan baru untuk menangani masalah akses air bersih yang sudah lama dihadapi Indonesia, sebagai bagian dari kebijakan keamanan nasional.

Menurut sumber yang tidak ingin disebutkan namanya, badan tersebut akan memprioritaskan perluasan distribusi air bersih di seluruh Indonesia, dengan membangun lebih banyak jaringan pipa air dan sumur artesis.  

Rencana yang diajukan Prabowo masih dalam tahap awal, dan masih ada diskusi tentang bagaimana badan tersebut akan dibentuk, pendanaan yang dibutuhkan, dan kandidat yang dapat ditunjuk sebagai pemimpin. Hal ini terjadi ketika Prabowo mempertimbangkan untuk menambah jumlah kementerian di bawah pemerintahannya, yang menurut para kritikus hanya akan meningkatkan birokrasi dan inefisiensi.

Pemerintah Indonesia akan kenalkan program perbaikan kualitas air Sungai Citarum di World Water Forum ke-10. (Foto: dok Kementerian PUPR)

Sebuah badan yang dikhususkan untuk air bersih memang diperlukan bagi Indonesia, yang menurut data terbaru, hampir 70% dari 278 juta penduduk tidak memiliki akses air bersih. Di Jakarta, satu dari tiga penduduk tidak memiliki akses ke air pipa, melainkan mengandalkan ribuan sumur ilegal yang menguras air tanah, melemahkan air tanah dan mempercepat penurunan permukaan kota.