Logo Bloomberg Technoz

Laptop Tanpa Layar Harga Rp30 Jutaan, Mirip Vision Pro Apple

Redaksi
05 June 2024 11:45

Produk laptop tanpa layar berbalut teknologi AR milik Sightful. (Dok: roadtovr)
Produk laptop tanpa layar berbalut teknologi AR milik Sightful. (Dok: roadtovr)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Revolusi bentuk laptop kini beralih ke desain tanpa layar. Seluruh perangkat komputer mengusung konsep augmented reality (AR), seperti pada produk keluaran Sightful. Perangkat Sightful seolah mirip dengan Vision Pro, produk dari Apple Inc namun dibanderol harga lebih murah US$1.900 (sekitar Rp30 jutaan). 

Sightful sejatinya merilis kacamata AR dengan kemampuan menjalankan fungsi laptop atau komputer pribadi. Perangkat yang dinamakan Spacetop G1 ini merupakan buah kerja rancangan dari para mantan karyawan Apple, Microsoft dan Magic Leap.

Secara bentuk perangkat ini belum bisa masuk seluruh tas backpack namun secara fungsi penyimpanan bukan menjadi permasalahan karena sasis keyboard Spacetop G1 dicancang lebih tipis, kata co–founder dan CEO perusahaan, Tamir Berliner, dikutip dari Wired, Rabu (5/6/2024).

Spacetop G1 dibekali dengan cip Snapdragon QCS8550, CPU KRYO, dengan GPU Adreno 740 dan NPU Hexagon. Kapasitas penyimpanan 128 GB jenis UFS 3.1. Memori 16 GB LPDDR5.

Menggunakan tenaga baterai 60Wh, yang tahan dipakai hingga 8 jam untuk satu kali pengisian daya. Disertakan pula adaptor charger Dual Port USB-C
Up to 63W, 110V/220V. Kemampuan pengisian daya sekitar 2 jam mampu mengisi baterai dari 0% sampai 85%.

Produk laptop tanpa layar berbalut teknologi AR milik Sightful. (Dok: perusahaan)