Logo Bloomberg Technoz

Masalah Cadangan

Selain itu, Yuliot membuka peluang bahwa ormas keagamaan bisa melakukan pengelolaan WIUPK yang merupakan eks PKP2B karena cadangan batu bara di Indonesia yang besar.

Berdasarkan data Badan Geologi pada 2021, sumber daya dan cadangan batu bara di Indonesia yang mencapai 110 miliar ton dan 36 miliar ton.

Adapun, Kalimantan berkontribusi sebesar 66,97% dengan sumber daya dan cadangan batu bara masing-masing sebesar 73,72 miliar ton dan 23,76 miliar ton.

Sementara itu, Sumatra berkontribusi 33% dengan sumber daya dan cadangan batu bara masing-masing sebesar 36,33 miliar ton dan 12,39 miliar ton.

Lebih lanjut, Yuliot mengatakan ormas keagamaan Islam, Nahdlatul Ulama (NU), telah mengajukan izin usaha pertambangan (IUP) di wilayah Kalimantan Timur, tetapi pengajuan tersebut masih dalam tahapan evaluasi.

“Untuk NU sudah mengajukan di Kaltim yang masih dalam tahapan evaluasi [oleh Satgas],” ujarnya saat dihubungi, Selasa.

Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia sebelumnya menyebut akan segera menerbitkan IUP bagi ormas keagamaan Islam Nahdlatul Ulama (NU). Hal itu sampaikan setelah sebelumnya pemerintah resmi membuat aturan yang memberikan izin bagi ormas keagamaan untuk dapat mengelola IUP.

(dov/wdh)

No more pages