Logo Bloomberg Technoz

Cara Menyimpan dan Memasak MPASI yang Baik dan Benar

Dinda Decembria
05 June 2024 08:30

Mpasi. (Sumber: Freepix)
Mpasi. (Sumber: Freepix)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Cara menyimpan Makanan Pendamping ASI (MPASI) ialah salah satu kunci dalam memberikan nutrisi penting bagi pertumbuhan si kecil.

Kualitas penyimpanan MPASI dapat mempengaruhi kandungan gizi dan kebersihannya. Maka dari itu, sangat penting untuk menjaga kebersihan dan nilai gizi dari makanan yang terkandung dalam MPASI.

Anggota Unit Kerja Koordinasi Nutrisi dan penyakit Metabolik IDAI, Dr Moretta Damayanti, Sp.A(K), M.Kes menjelaskan syarat menjaga MPASI dengan baik.

"Satu, aman dan higienis, bersih, kedua memisahkan makanan masih mentah, masih banyak kandungan kontaminasi dengan bahan sudah dimasak, kalau masak memiliki pengetahuan dan keterampilan karena terutama berhubungan dengan kandungan dalam makanan tersebut. Keempat penyimpanan suhu sesuai, suhu tidak sesua risiko kontaminasi. Kelima, menggunakan air bersih dan aman bahan baku aman,"ujar dalam virtual IDAI.

Ilustrasi bayi. (Envato/gstockstudio)

Cara Masak MPASI

Cara memasak dengan slow cooker direkomendasikan aman digunakan MPASI. Dokter Moretta mengatakan bila sedang dimasak sebaiknya panci jangan dibuka atau ditutup.