Logo Bloomberg Technoz

Data Email & Nama Pelanggan Tech in Asia Tersebar

Redaksi
05 June 2024 08:05

Ilustrasi Pola Penghadangan Upaya Peretasan dari Grup Ransomware. (Dok: Paloalto)
Ilustrasi Pola Penghadangan Upaya Peretasan dari Grup Ransomware. (Dok: Paloalto)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Situs Tech in Asia Indonesia mengalami insiden hingga menyebabkan data email dan nama pelanggan berpeluang tersebar. Sebelumnya Breach Forums mempublikasikan dugaan data Tech in Asia bocor berisi informasi terkait 230.000 pengguna.

Sanggiero, akun yang mengunggah informasi awal di Breach Forums klaim bahwa informasi yang berhasil dibobol dan terkumpul bersifat sensitif.  Sanggiero mengaku bertanggung jawab atas pembobolan data Tech in Asia.

Dalam klaimnya, Sanggiero meretas situs dan mendapatkan akses ke basis data yang besar ini dengan mengeksploitasi celah pada  dalam Application Programming Interface (API) Tech in Asia. API kerap dipakai untuk menjalankan lebih dari aplikasi atau perangkat software untuk saling berkomunikasi.

Tangkapan layar Breach Forums atas dugaan pembobolan data Tech in Asia.

Dalam dugaan pembobolan Tech in Asia memberi klarifikasi. “Kami menulis pesan ini untuk memberi tahu kamu bahwa telah terjadi insiden terkait keamanan situs web Tech in Asia Indonesia. Email dan nama kamu mungkin telah tersebar akibat insiden ini,” tulis Tech in Asia dalam surat kepada pembacanya, dikutip, Rabu (5/6/2024).

Meski begitu perusahaan menyatakan bahwa password akun dan informasi yang bersifat pribadi dalam kondisi aman terkendali. Tech in Asia masih melakukan investigasi dan memperbaiki keamanan di situsnya.