Logo Bloomberg Technoz

Faktor lain yang menyebabkan penurunan harga minyak mintah Mei 2024 adalah akibat ketidakpastian perekonomian Amerika Serikat (AS). Hal ini dipicu penundaan penurunan tingkat suku bunga sentral AS guna meredam inflasi.

Lebih jauh, dampak yang ditimbulkan adalah kekhawatiran pasar akan terhambatnya pertumbuhan ekonomi AS dan berpotensi menurunkan permintaan minyak mentah Amerika.

"Terdapat pula kekhawatiran pasar akan keseimbangan supply-demand menyusul rencana Departemen Energi AS untuk mengeluarkan 10 juta barel cadangan gasoil di musim panas, yang juga memengaruhi penurunan harga minyak mentah. Menguatnya nilai tukar dolar AS terdapat mata uang lain juga menyebabkan penurunan harga," imbuh Agus.

Selain disebabkan oleh faktor-faktor tersebut di atas, penurunan harga minyak mentah untuk kawasan Asia Pasifik juga dipengaruhi oleh berkurangnya volume minyak mentah yang diproses oleh sejumlah kilang di Asia. Seiring merosotnya marjin penjualan diesel akibat peningkatan pasokan produk dari kilang-kilang baru, dan cuaca yang sejuk di belahan bumi bagian utara.

Faktor pendukung lain, penurunan crude oil throughput Korea Selatan akibat kebakaran di kilang Daesan sebesar 3,6% dan penurunan crude oil throughput Singapura akibat aktifitas perawatan di kilang-kilang milik ExxonMobil sebesar 7,3%, bila dibandingkan dengan akhir bulan sebelumnya.

Kemudian, terdapat penurunan konsumsi di China selama bulan April 2024 sebesar 4,41% menjadi 16,51 juta ton dibandingkan bulan sebelumnya, seiring peningkatan penggunaan kendaraan listrik.

Selengkapnya perkembangan harga minyak mentah utama Mei 2024 dibandingkan April 2024 adalah sebagai berikut:

  • Dated Brent turun sebesar US$8,10/bbl dari US$90,15/bbl menjadi US$82,05/bbl.
  • WTI (Nymex) turun sebesar US$5,77/bbl dari US$84,39/bbl menjadi US$78,62/bbl.
  • Brent (ICE) turun sebesar US$6,00/bbl dari US$89,00/bbl menjadi US$83,00/bbl.
  • Basket OPEC turun sebesar US$5,46/bbl dari US$89,12/bbl menjadi US$83,66/bbl.
  • Rata-rata ICP minyak mentah Indonesia turun sebesar US$7,83/bbl dari US$87,61/bbl menjadi US$79,78/bbl. 

(wep)

No more pages