Logo Bloomberg Technoz

Harga Minyak Mentah Indonesia Sudah di Bawah US$80 per Barel

Dovana Hasiana
05 June 2024 07:50

Infografis Dampak Harga Minyak Terus Mendaki bagi Indonesia (Bloomberg Technoz/Asfahan)
Infografis Dampak Harga Minyak Terus Mendaki bagi Indonesia (Bloomberg Technoz/Asfahan)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) mencatat harga rata-rata minyak mentah asal Indonesia (ICP) Mei sebesar US$79,78/barel. Angka ini turun 8,94% dibandingkan ICP April sebesar US$87,61/barel.

Penetapan dilakukan melalui Keputusan Menteri ESDM Nomor 261.K/MG.03/DJM/2024 tentang Harga Minyak Mentah Bulan Mei 2024 tanggal 3 Juni 2024. 

Menurut Kepala Biro Komunikasi, Layanan Informasi Publik, dan Kerja Sama (KLIK) Kementerian ESDM Agus Cahyono Adi, penurunan harga minyak mentah utama di pasar internasional antara lain dipengaruhi oleh berkurangnya premium risk atas faktor geopolitik, seiring dengan memudarnya kekhawatiran akan konflik yang lebih luas di Timur Tengah dan tidak terganggunya pasokan minyak mentah global.

"Selain itu, beberapa faktor lainnya adalah tingginya suku bunga dan inflasi yang menekan permintaan konsumen dan industri, terutama di Eropa, pada saat pasokan meningkat dari produsen non-OPEC seperti Amerika Serikat," jelas Agus dalam pernyataan tertulisnya.

"Di samping itu, OPEC merevisi turun proyeksi peningkatan minyak dunia kuartal II-2024 pada publikasi Mei 2024 dibandingkan bulan sebelumnya untuk kuartal II-2024 sebesar 0,08 juta barel per hari, menjadi 103,75 juta barel per hari."