Logo Bloomberg Technoz

Suharso: Program Makan Gratis Pernah Terjadi di Era Soeharto

Azura Yumna Ramadani Purnama
05 June 2024 06:11

Siswa makan siang bersama saat simulasi program makan siang di SMPN 2 Curug, Kab. Tangerang, Kamis (29/2/2024). (Bloomberg Technoz/Andrean Kristianto)
Siswa makan siang bersama saat simulasi program makan siang di SMPN 2 Curug, Kab. Tangerang, Kamis (29/2/2024). (Bloomberg Technoz/Andrean Kristianto)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa menyebut bahwa program makan gratis pernah terjadi di era pemerintahan Presiden Soeharto. Program kerja makan makanan bergizi (makan gratis) merupakan salah satu ide Presiden dan Wakil Presiden terpilih di Pemili 2024, Prabowo-Gibran.

Suharso menegaskan artinya ini bukan program baru untuk Indonesia. Pemerintahan masa Order Baru, “Pak Harto-pun ada program itu (makan gratis), sekarang juga ada dalam bentuk yang lain.”

Dalam kaitan itu, ia menyampaikan bahwa pihaknya telah mengkaji penerapan program makan gratis yang akan dilakukan pada pemerintahan Presiden Terpilih Prabowo Subianto.

Kajian itu meliputi beberapa aspek, yakni target atau sasaran penerima makan siang gratis, rasio gizi dari setiap menu yang diberikan, hingga mekanisme pelaksanaan program tersebut.

“Target grup itu penting sekali, karena itu akan menentukan jumlah [anggaran yang dibutuhkan],” kata Sunarso saat ditemui wartawan di kompleks DPR RI, Selasa (4/6/2024).

Pihaknya juga telah membuat rancangan perhitungan program makan gratis ini, dari versi paling minimal hingga maksimal. Namun sayangnya Suharso belum dapat mengungkapkan besaran anggaran tersebut.

Pasalnya masih terdapat berbagai rangkaian penyusunan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) yang terus dilakukan pemerintah, terang Suharso.