Logo Bloomberg Technoz

AS-Arab Saudi Akan Perkuat Kerja Sama, Buka Perdamaian Palestina

Redaksi
04 June 2024 20:30

Bendera Arab Saudi berkibar di kota Buraidah, Arab Saudi (Tasneem Alsultan/Bloomberg)
Bendera Arab Saudi berkibar di kota Buraidah, Arab Saudi (Tasneem Alsultan/Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Utusan Washington untuk Riyadh mengatakan bahwa AS dan Arab Saudi berada di ambang kesepakatan bersejarah, yang, jika selesai, akan menjadi jalan menuju kenegaraan Palestina serta pembentukan hubungan diplomatik antara Kerajaan dan Israel.

"Kami cenderung menggunakan kata bersejarah secara berlebihan, tetapi saya pikir jika dilihat secara keseluruhan, paket perjanjian ini akan benar-benar bersejarah," kata Duta Besar AS untuk Arab Saudi, Michael Ratney, melansir Al Arabiya, Selasa (4/6/2024).

"Namun, sebagai bagian dari itu, ada peran dari Palestina. Saudi telah menjelaskan bahwa itu adalah persyaratan mereka dan kami juga memiliki harapan yang sama... harus ada jalan ke depan untuk kenegaraan bagi Palestina," kata Ratney dalam sebuah wawancara dengan harian Saudi, Arab News.

Pemerintahan Biden telah lama mencoba untuk menengahi apa yang akan menjadi kesepakatan penting. Oktober lalu, Menteri Luar Negeri Antony Blinken dijadwalkan mengunjungi Arab Saudi untuk membahas rencana konkret untuk normalisasi.

Serangan Hamas pada 7 Oktober terhadap Israel membuat pembicaraan tersebut tertunda dan sejak itu dilanjutkan kembali. Namun, rincian dari kesepakatan tersebut telah sedikit berubah dan Israel kini menjadi penghalang utama.