Logo Bloomberg Technoz

Pilkada 2024, Golkar Serahkan Sosok Cawagub ke Ridwan Kamil

Mis Fransiska Dewi
04 June 2024 19:45

Ridwan Kamil. (Dok. Humas Jabar)
Ridwan Kamil. (Dok. Humas Jabar)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Sekretaris Jenderal Partai Golkar Lodewijk F Paulus menyebut partainya menyerahkan sosok calon wakil gubernur ke Ridwan Kamil dalam Pilkada Serentak 2024. Golkar juga masih menunggu hasil survei terhadap Ridwan Kamil untuk maju dalam Pilkada tahun ini. 

“Dia [Ridwan Kamil] yang cari dulu, kami [Golkar] belum tahu, Pak RK yang cari. Kan mungkin Pak RK banyak lah yang ingin berpasangan dengan beliau,” kata Lodewijk di Kompleks Parlemen, Selasa (4/6/2024).

“Tapi tentunya kita lihat dari sekian pasangan ini kan simulasinya banyak, jadi bukan hanya dengan pak RK sendiri termasuk kompetitor pak RK kira-kira dengan siapa itu kan harus dihitung,” tambah Lodewijk. 

Wakil Ketua DPR itu menambahkan, Ridwan Kamil merupakan kader Golkar yang telah mendapatkan surat penugasan partai untuk maju di Pilkada Jawa Barat dan Pilkada Jakarta. Menurut dia peluang Ridwan Kamil di Jawa Barat cukup baik karena dinilai sebagai petahana.
 
"Pak RK itu baru mendapatkan surat penugasan pertama. Jadi kita tunggu saja kira-kira perkembangan politik dengan hasil survei yang kedua," tutur Lodewijk.
 
Sejauh ini, dia menilai bahwa peta perpolitikan terkait dengan bakal calon kepala daerah masih cair. Dengan begitu, dia pun memahami bahwa ada pihak yang menginginkan Ridwan Kamil maju di Jakarta dan tetap di Jawa Barat.

Ketua Harian Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad mengatakan, partainya memastikan akan mengusung mantan Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil sebagai calon gubernur pada Pilkada DKI Jakarta 2024.