Logo Bloomberg Technoz

Jadi, IHSG adalah indeks dengan penguatan terbaik kedua di Asia, hanya kalah dari KLCI Malaysia.

Penguatan nilai tukar rupiah sedikit banyak membantu kinerja IHSG. Hari ini, rupiah menutup perdagangan pasar spot dengan penguatan 0,06% menuju Rp16.220/US$. Rupiah jadi mata uang dengan apresiasi terbaik ketiga di Asia.

Indeks dolar AS tertekan ke 104 hingga saat ini, ketika imbal hasil US Treasury, surat utang AS, melemah di semua kurva di mana tenor 10Y menyentuh 4,38% dan 2Y turun ke 4,80%.

Pullback pada yield surat utang AS tersebut menopang pergerakan nilai tukar rupiah. Yield yang turun signifikan didorong oleh spekulasi bahwa Bank Sentral AS (Federal Reserve/The Fed) akan memangkas suku bunga paling sedikit 1x di tahun 2024 ini.

CME FedWatch Tools mencatatkan kenaikan signifikan pada peluang dipangkasnya suku bunga acuan ke 5,00 – 5,25% pada September 2024 mencapai 54% pada sore hari saat ini. Melonjak dibandingkan sepekan lalu yang di kisaran 42,1%–45,1% untuk periode yang sama. 

Saat rupiah menguat, maka beban utang luar negeri emiten-emiten di BEI bisa berkurang. Ketika beban utang menyusut, maka ruang untuk mencatat laba bersih bisa meningkat sehingga investor boleh berharap akan datangnya dividen.

(fad/ain)

No more pages