Logo Bloomberg Technoz

Skandal Mobil Jepang: Toyota Minta Maaf, Mazda Janji Ganti Rugi

Redaksi
04 June 2024 17:26

Akio Toyoda (Sumber: Kiyoshi Ota/Bloomberg
Akio Toyoda (Sumber: Kiyoshi Ota/Bloomberg

Bloomberg Technoz, Jakarta - Skandal pelanggaran data uji keselamatan yang mencatut sederet perusahaan otomotif ternama di Jepang terus bergulir. Tidak hanya Toyota, kasus tersebut turut menyeret merek besar lain seperti Mazda dan Honda.

Toyota sendiri termasuk di antara lima produsen mobil —termasuk Honda dan Mazda — yang ditemukan memalsukan atau memanipulasi data keselamatan saat mengajukan permohonan sertifikasi.

Walhasil, 3 model mobil yang diproduksi Toyota —yakni Corolla Fielder, Corolla Axio, dan Yaris Cross — harus ditangguhkan pengiriman dan penjualannya, sebagaimana disampaikan oleh Kementerian Transportasi Jepang awal pekan ini.

Chairman Toyota, Akio Toyoda./ Bloomberg

Produsen mobil nomor wahid dunia itu terbukti menyerahkan data yang salah terhadap uji keselamatan pejalan kaki untuk ketiga model tersebut. Perusahaan juga dilaporkan menggunakan kendaraan percobaan yang sudah dimodifikasi dalam uji tabrak terhadap 4 model sebelumnya, termasuk Crown.

Imbas dari temuan Kementerian Transportasi Jepang itu, Chairman Toyota Motor Corp Akio Toyoda pun melansir pernyataan permintaan maaf dan mengakui kesalahan yang dilakukan perusahaannya.