Logo Bloomberg Technoz

AS dan Mitranya Bersatu Hadapi Masalah Ekspor China

News
04 June 2024 18:50

Ilustrasi ekspor impor China (Sumber: Bloomberg)
Ilustrasi ekspor impor China (Sumber: Bloomberg)

Yoshiaki Nohara dan Shery Ahn - Bloomberg News

Bloomberg, China membawa masalah ekonomi domestiknya dan mengekspornya ke seluruh dunia, kata Duta Besar AS untuk Jepang Rahm Emanuel, dan menambahkan bahwa hal ini memperkuat tekad Amerika dan mitranya untuk bersatu.

"China tidak akan memenangkan penghargaan tetangga yang baik," kata Emanuel dalam sebuah wawancara dengan Bloomberg TV pada Selasa. "Tidak ada seorang pun di lingkungan ini yang tidak memiliki tantangan ekonomi atau strategis yang tidak dihadapi oleh China."

Emanuel mengutuk China atas apa yang ia katakan sebagai masalah dengan produksi yang berlebihan dengan harga yang disubsidi, menggemakan kritik dari negara-negara G7 bahwa Beijing telah melukai ekonomi mitra-mitra dagangnya.

Presiden Joe Biden bulan lalu mengumumkan kenaikan tarif besar-besaran terhadap berbagai impor China. Ia mengatakan bahwa langkah ini diperlukan untuk melindungi pekerja dan bisnis AS dari perusahaan-perusahaan yang dituduhnya mencuri, menipu, dan membuang barang-barang dengan harga murah ke pasar internasional.