Logo Bloomberg Technoz

Sri Mulyani Yakin Hilirisasi Bikin Tren Kemiskinan Menurun

Azura Yumna Ramadani Purnama
04 June 2024 17:15

Ilustrasi Kemiskinan. (Muhammad Fadli/Bloomberg)
Ilustrasi Kemiskinan. (Muhammad Fadli/Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Menteri Keuangan Sri Mulyani meyakini tren kemiskinan akan semakin menurun dengan ketimpangan yang menyempit, didukung oleh kebijakan hilirisasi. Dia mengklaim hilirisasi mampu menciptakan sumber pertumbuhan baru secara spasial, dan berdampak pada kesejahteraan masyarakat. 

Hal itu disampaikan pada Rapat Paripurna Dewan Perwakilan Rakyat (DPR RI), dalam rangka penyampaian tanggapan pemerintah atas tanggapan fraksi-fraksi DPR RI terkait Kerangka Ekonomi Makro dan Pokok-Pokok Kebijakan Fiskal (KEM-PPKF) 2025.

"Selain itu, manufaktur berteknologi tinggi juga akan meningkatkan level pendapatan para pekerja di sektor hilirisasi," kata Sri Mulyani, Selasa (4/6/2024).

Dalam kerangka ekonomi makro 2025, dia menjelaskan pemerintah mendorong urgensi perbaikan kualitas sumbr daya manusia (SDM), termasuk perbaikan link and match antara dunia usaha dan pendidikan.

"Kesejahteraan masyarakat juga ditopang oleh level inflasi yang terjaga, sehingga daya beli masyarakat tidak mengalami distorsi," ujar Bendahara Negara.