Logo Bloomberg Technoz

Jokowi Resmikan Bendungan Sepaku Semoi Rp836 M di IKN

Pramesti Regita Cindy
04 June 2024 18:20

Pembangunan fasilitas pemerintah di ibu kota negara baru Nusantara (IKN) di Penajam Paser Utara,Kamis (21/9/2023). (Dimas Ardian/Bloomberg)
Pembangunan fasilitas pemerintah di ibu kota negara baru Nusantara (IKN) di Penajam Paser Utara,Kamis (21/9/2023). (Dimas Ardian/Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Bendungan Sepaku Semoi di Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, resmi menjadi sumber kebutuhan air baku dan pengendali banjir di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

"Alhamdulillah pada siang hari ini kita segera resmikan bendungan Sepaku Semoi yang telah dimulai pengerjaannya pada 2020 dan selesai pada 2024, menelan biaya Rp836 miliar," kata Jokowi dalam sambutan peresmian Bendungan Sepaku Semoi di Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Selasa (4/6/2024). 

"Bendungan ini akan menjadi sumber air baku di IKN Nusantara dan sebagian untuk Kota Balikpapan," tegas Jokowi. 

Pada kesempatan yang sama, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) sekaligus Plt Kepala Otorita IKN Basuki Hadimuljono menyebut pembangunan Bendungan Sepaku Semoi berfungsi untuk penyediaan air baku di kawasan IKN dengan kapasitas sebesar 2.000 liter/detik dan untuk Balikpapan sebesar 500 liter/detik. 

"Saya kira sudah 100% penuh, full 16 juta m3. Bendungan Sepaku Semoi sudah siap menjadi sumber air baku untuk IKN Nusantara dan Kota Balikpapan 500," kata Basuki dalam keterangannya.