Logo Bloomberg Technoz

UEA Investasi ke IKN Juli, Jokowi Klaim Nilainya ‘Gede Banget’

Pramesti Regita Cindy
04 June 2024 15:15

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meninjau lokasi Istana Kepresidenan di wilayah Ibu Kota Nusantara (IKN), Penajam Paser Utara (BPMI Setpres/Laily Rachev)
Presiden Joko Widodo (Jokowi) meninjau lokasi Istana Kepresidenan di wilayah Ibu Kota Nusantara (IKN), Penajam Paser Utara (BPMI Setpres/Laily Rachev)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Presiden Joko Widodo mengeklaim Uni Emirat Arab (UEA) sudah menyatakan komitmennya untuk berinvestasi di proyek ambisius pemindahan ibu kota negara Indonesia dalam waktu dekat.

Hal tersebut disampaikan Jokowi dalam sambutan agenda groundbreaking di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Selasa (4/5/2024).

Awalnya, Jokowi bercerita ketika pemimpin negara UEA berkunjung ke Indonesia, dia memperkenalkan sejumlah destinasi wisata tersohor di Indonesia, dilanjutkan dengan kunjungan ke IKN Nusantara.

"Beliau kita bawa ke Nusa Dua, ke Mandalika, ke Labuan Bajo, bawa lagi ke sini; ke Nusantara, baru ke Jakarta ketemu saya. Apa yang beliau sampaikan pada saya? 'Presiden Jokowi tidak ada tempat yang paling baik, yang paling indah, yang hilir perbukitan seindah [ini]. Saya sudah investasi di banyak negara ini adalah tempat yang terbaik'," kata Jokowi menjelaskan. 

Wilayah Ibu Kota Nusantara (IKN) di Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Rabu (8/3/2023). (Rony Zakaria/Bloomberg)

Mendengar pujian tersebut, Jokowi justru menekankan kepada UEA bahwa dirinya tidak butuh pujian melainkan bukti kerja sama antara kedua negara dalam pengembangan IKN Nusantara.