Logo Bloomberg Technoz

Harga Tanah

Jokowi menyebut harga tanah di sekitar kawasan IKN Nusantara saat ini sekitar Rp400.000—Rp800.000 per meter persegi. Di Balikpapan, harganya sudah Rp15 juta per meter persegi. Sebagai perbandingan, di Jakarta harganya menembus Rp200 juta per meter persegi.

“Namun, itu saya sampaikan sekarang, besok [harga tanah di sekitar IKN Nusantara] bisa berubah,” ujarnya. 

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono —yang baru saja ditunjuk sebagai Plt Kepala Otorita Ibu Kota Negara (OIKN) — sebelumnya mengatakan jalan tol Balikpapan—IKN akan menggunakan teknologi smart intelligent sign.

"Kita akan melakukan pilot project untuk sistem jalan tol ini di Tol Balikpapan—IKN. Kalau setelah itu hasilnya bagus kita bisa tingkatkan implementasinya," kata Basuki dalam keterangan tertulisnya, akhir Mei.

Tidak hanya itu, Basuki menyebut pemerintah telah merencanakan untuk mengimplementasikan smart system di IKN. Kementerian PUPR juga mempertimbangkan nasihat dari Finlandia terkait smart building system.

"Terima kasih atas dukungan Finlandia terhadap pembangunan smart city IKN. IKN didesain untuk masa depan, untuk itu kita akan menggunakan smart system. Kami butuh advis dari Finlandia karena memiliki teknologi yang tinggi. Jika Finlandia bisa, saya yakin Indonesia juga bisa," jelasnya. 

Sebagai informasi, Intelligent Toll Road System di Indonesia menurut PUPR merupakan inovasi baru dalam manajemen lalu lintas jalan tol yang makin kompleks. 

Sistem ini bertujuan untuk mengelola miliaran transaksi dan mengurangi fatalitas akibat kecelakaan kendaraan. Dengan memanfaatkan teknologi, sistem ini diharapkan dapat meningkatkan kinerja operasi jalan tol secara signifikan.

(wdh)

No more pages