Logo Bloomberg Technoz

Jokowi Mulai Tahap Ke-6 IKN: Kelak dari Balikpapan Cuma 30 Menit

Pramesti Regita Cindy
04 June 2024 15:05

Presiden Jokowi Tinjau Perkembangan Pembangunan Lapangan Upacara di IKN, IKN, 29 Februari 2024 (Sumber: Instagram @jokowi)
Presiden Jokowi Tinjau Perkembangan Pembangunan Lapangan Upacara di IKN, IKN, 29 Februari 2024 (Sumber: Instagram @jokowi)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Presiden Joko Widodo melakukan peletakan batu pertama atau groundbreaking tahap ke-6 proyek Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara hari ini, Selasa (4/6/2024).

“Investasi di IKN Nusantara ini adalah membeli masa depan. Jangan membayangkan sekarang, karena jalan tol dari Balikpapan ke IKN Nusantara ini belum jadi, [sehingga] bapak/ibu harus memutar baru sampai ke IKN,” ujarnya dalam acara tersebut, dikutip dari YouTube resmi Sekretariat Presiden.

Saat jalan tol tersebut rampung, Jokowi mengatakan perjalanan dari Balikpapan ke IKN Nusantara hanya akan memakan waktu 30—40 menit.

Selain infrastruktur transportasi darat, Jokowi juga mengatakan pemerintah menyiapkan infrastruktur transportasi udara berupa bandara komersial.

“[Jaraknya] hanya 15 menit dari titik ini. [Nanti jika proyek ini sudah jadi], baru [persepsi] bapak/ibu akan berubah past; pikiran mengenai Nusantara ini. Namun, kalau bapak/ibu berubahnya nanti, tanahnya sudah habis,” kata Jokowi, merujuk pada pasar tanah dan properti di Kalimantan Timur yang diklaim laku keras berkat adanya proyek IKN. 

Sebuah jalan membentang di dekat Ibu Kota Nusantara (IKN) di Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Rabu (8/3/2023). (Rony Zakaria/Bloomberg)