Logo Bloomberg Technoz

Chairman Baru TSMC Ambisi Kembangkan Teknologi Cip AI di 2024

News
04 June 2024 13:46

C.C. Wei, CEO dan Chairman Taiwan Semiconductor Manufacturing Co (TSMC).
C.C. Wei, CEO dan Chairman Taiwan Semiconductor Manufacturing Co (TSMC).

Jane Lanhee Lee—Bloomberg News

Bloomberg, Taiwan Semiconductor Manufacturing Co (TSMC) menegaskan peran perusahaan untuk terus mengembangkan teknologi cip AI di tengah industri yang berangsur pulih di tahun 2024, disampaikan C.C. Wei, CEO dan Chairman.

Wei menjadi figur pertama yang dipercayai menjalankan peran ganda dan penting di perusahaan semikonduktor besar di Taiwan. Jabatan Chairman resmi ia emban pada Selasa (4/6/2025). 

Wei tetap pada proyeksi sebelumnya untuk pertumbuhan pasar cip sebesar 10% tahun ini, tidak termasuk sektor memori yang sangat besar. Namun, hal itu merupakan penurunan proyeksi dari bulan April, ketika para eksekutif memperingatkan tentang lemahnya pasar smartphone dan komputasi pribadi.

Jabatan rangkap Wei menandakan pergantian pimpinan di perusahaan yang didirikan oleh Morris Chang dan saat ini berada di jantung ledakan AI global. TSMC tetap menjadi satu-satunya produsen cip terpenting bagi Apple Inc serta Nvidia Corp dan SK Hynix Inc, dimana komponennya dianggap penting untuk pelatihan dan hosting layanan AI.