Logo Bloomberg Technoz

Putri Yuriko Member Tertua Kekaisaran Jepang Ulang Tahun ke-101

Septiana Ledysia
04 June 2024 14:30

Putri Takagi Yuriko (Wikipedia)
Putri Takagi Yuriko (Wikipedia)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Putri Yuriko yang merupakan anggota tertua kekaisaran Jepang merayakan ulang tahun yang ke-101. 

Dilansir dari The Japan Times, Selasa (4/5/2024), menurut Badan Rumah Tangga Kekaisaran, putri yang merupakan nenek buyut dari Kaisar Naruhito ini telah menjadi anggota tertua dari keluarga kekaisaran yang lahir pada atau setelah Era Meiji (1868-1912), melebihi usia mendiang suaminya, Pangeran Mikasa, yang meninggal pada tahun 2016 di usia 100 tahun.

Putri Yuriko telah tinggal di Rumah Sakit Internasional St. Luke di Tokyo sejak 3 Maret setelah didiagnosis dengan kasus ringan infark serebral dan pneumonia aspirasi. Dia mampu berkomunikasi dan sedang menjalani rehabilitasi, tetapi dia tidak bisa makan atau minum.

Putri Takagi Yuriko (Wikipedia)

Buichiro Kuroda, wakil kepala agensi, mengatakan bahwa organisasi tersebut memperhatikan dengan cermat putri tersebut mengingat usianya yang sangat lanjut, meskipun kondisinya stabil.

Putri Yuriko, putri kedua dari Viscount Masanari Takagi, lahir pada tahun 1923. Dia menikah dengan Pangeran Mikasa pada tahun 1941 dan melahirkan tiga putra dan dua putri. Ketiga putranya telah meninggal dunia.