Logo Bloomberg Technoz

MUI Soal Izin Tambang: Usaha Pemerintah Memperkuat Keuangan Ormas

Dovana Hasiana
04 June 2024 15:30

Ilustrasi Majelis Ulama Indonesia (MUI). (Bloomberg Technoz/ Andrean Kristianto)
Ilustrasi Majelis Ulama Indonesia (MUI). (Bloomberg Technoz/ Andrean Kristianto)

Bloomberg Technoz, Jakarta Majelis Ulama Indonesia (MUI) menilai kebijakan memberikan izin kepada organisasi kemasyarakatan (ormas) keagamaan dalam mengelola wilayah izin usaha pertambangan khusus (WIUPK) di Indonesia merupakan usaha pemerintah untuk memperkuat keuangan organisasi tersebut.

Wakil Ketua Umum MUI Anwar Abbas mengatakan melalui kebijakan tersebut, ormas bisa memperoleh sumber pendapatan baru untuk mendukung kegiatan-kegiatan memberdayakan masayarakat.

Menurutnya, upaya untuk memperkuat keuangan dapat digunakan untuk meningkatkan peran ormas keagamaan dalam memberdayakan masyarakat.

“Sehingga diharapkan peran ormas keagamaan ini di masa depan dalam memberdayakan masyarakat dan warga bangsa akan jauh lebih baik lagi sehingga cita-cita kita untuk membuat negeri ini menjadi negara yang maju, beradab dan berkeadilan  akan dapat terwujud dan diakselerasi. Semoga,” ujar Anwar dalam keterangannya, dikutip Selasa (4/6/2024). 

Tambang batu bara di Chhattisgarh, India./Bloomberg-Anindito Mukherjee

Terlebih, Anwar mengatakan, ormas keagamaan selama ini sudah berbuat banyak bagi negara, seperti dalam peristiwa bencana alam, membangun sekolah dan rumah sakit dan lain sebagainya.