Logo Bloomberg Technoz

Polemik Karpet Merah Starlink

Anak Usaha Telkom Sektor Menara Tak Anggap Starlink Jadi Ancaman

Azura Yumna Ramadani Purnama
04 June 2024 13:05

CEO SpaceX, pemilik Starlink hadiri perjanjian dengan Menteri Kesehatan RI. (Dok: Bloomberg)
CEO SpaceX, pemilik Starlink hadiri perjanjian dengan Menteri Kesehatan RI. (Dok: Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - PT Dayamitra Telekomunikasi Tbk (MTEL) atau Mitratel, anak usaha BUMN PTE Telkom menilai perusahaan menjadi pihak yang diuntungkan dengan beroperasinya Starlink di Indonesia. Alasannya, perusahaan telah memiliki kerjasama dengan PT Telkom Satelit Indonesia (Telkomsat) yang merupakan rekanan Starlink. 

Direktur Utama Mitratel Theodorus Ardi Hartoko menjelaskan Mitratel telah menjalin kemitraan dengan Starlink melalui PT Telkomsat melalui memanfaatkan satelit LEO Starlink sebagai infrastruktur backhaul di daerah-daerah terpencil.

“Jadi diharapkan operator kami mudahkan pada saat mereka menghendaki tersedianya layanan di suatu daerah rural, mereka tidak mencari tower sendiri tapi sekalian mencari tower, cari solusi konduktivitas yang salah satunya bisa kami deliver konektivitas berbasis layanan satelit,” jelas dia akhir pekan lau.

Sementara itu, Chief Investment Officer Hendra Purnama menegaskan bahwa Mitratel telah melakukan kerjasama dengan Starlink melalui PT Telkomsat, dimana kerjasama tersebut eksklusif dilakukan dengan Mitratel. “Dan ini eksekutif antara Mitratel dengan Telkomsat dan Starlink untuk gunakan bandwith Starlink sebagai bandwidth backhaul,” tegas Hendra.

Ia menambahkan bahwa pihaknya juga melihat peluang untuk mengganti fiber optik dengan Starlink sebagai penyambung layanan pada daerah-daerah terpencil.